Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Rabu, 30 November 2016

Sambutan Kepala Madrasah

Share & Comment


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sholawat dan salam kita sanjungkan kepada junjungan kita, Rasulullah Muhammad SAW., keluarga, para sahabat, beserta umat yang setia mengikuti ajaran-Nya.

MTs Negeri Triwarno Kutowinangun merupakan salah satu madrasah negeri tertua yang terletak di sisi selatan wilayah pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Madrasah itu mulai  berdiri pada  20 Mei  1969. Madrasah ini dikenal sebagai madrasah yang cukup besar dilihat dari luas lahan, jumlah siswa, maupun jumlah guru dan pegawainya.

Memasuki era global dengan teknologi informasinya dan persaingan bebas yang penuh tantangan, kami bertekad mempersiapkan siswa agar menjadi pribadi mandiri yang siap bersaing di jenjang selanjutnya dan tetap berpegang teguh pada identitas dirinya sebagai generasi muda Islam. Hal ini sesuai dengan visi kami yaitu mewujudkan insan yang berakhlak mulia, berbudaya, berprestasi, inovatif, dan berwawasan lingkungan.

Untuk mencapai visi besar tersebut, saat ini kami terus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas di semua aspek sesuai 8 standar Pendidikan Nasional. Bersama dengan komite madrasah, kami awali dengan penyusunan rencana jangka panjang berupa penyusunan master plan madrasah untuk jangka 10 tahun ke depan. Dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Kerja Madrasah jangka 4 tahun.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan skala prioritas kami, yaitu dengan menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang kompeten di bidangnya, misalnya dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang. Madrasah membuat MOU jangka 4 tahun.

Berbagai inovasi pengembangan kurikulum dan kegiatan kesiswaan terus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi siswa. Siswa bisa  berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Siswa  mampu berprestasi dalam berbagai ajang lomba di berbagai tingkatan. Siswa juga mampu bersaing melanjutkan ke jenjang madrasah atau sekolah favorit di tingkat lokal maupun nasional.

Kegiatan pengembangan potensi siswa dilakukan diberbagai bidang, misalnya di bidang bahasa. Baik bahasa tulis maupun lisan, sains club, ketrampilan, olah raga, dan seni. Program persiapan menghadapi ujian dilaksanakan dari awal tahun dengan berbagai macam pendekatan dan kegiatan pendukung. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai pihak, di antaranya guru, pegawai, orang tua siswa, alumni, motivator, dan ulama.

Karakter akhlak mulia yang diharapkan menjadi salah satu ciri profil lulusan madrasah, kami tanamkan melalui kegiatan-kegiatan pembiasan harian berupa ibadah wajib, sunah,  maupun adab-adab pergaulan atau sopan santun terhadap sesama. Melalui program tahfidz Qur’an,  setiap lulusan MTs Negeri Triwarno Kutowinangun ditargetkan minimal hafal juz 30 dan beberapa surat pilihan, sedangkan bagi siswa yang cepat, dibimbing khusus menyesuaikan kemampuannya.

Untuk memanfaatkan  lahan  madrasah yang cukup luas, kami mengembangkan madrasah yang berwawasan lingkungan dengan program Menuju Madrasah Adiwiyata. Tujuan program ini antara lain untuk menumbuhkan kesadaran warga madrasah tentang pentingnya menjaga kelestarian alam,   menanamkan budaya mencintai,  dan memelihara lingkungan sekitar.  Tujuan yang lain adalah membiasakan pola  hidup bersih dan sehat.

Dengan lingkungan madrasah yang bersih, tertata rapi, dan terpelihara diharapkan siswa dapat belajar dengan nyaman. Untuk jangka panjang, dengan tumbuhnya kesadaran hidup berwawasan lingkungan ini diharapkan siswa mempunyai karakter yang baik dan  dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian gambaran sekilas MTs  Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen, semoga Allah SWT senantiasa memberi kemudahan dan mengabulkan cita-cita kami. Aamiin.

Kutowinangun, Kebumen, November 2016

Kepala Madrasah,



Drs. Sugeng Warjoko, M.Ed.
Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN Triwarno Kutowinangun | Powered by Website Sekolah