Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Minggu, 28 Januari 2018

Extra Kader Lingungan

Share & Comment


KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KADER LINGKUNGAN

MTs NEGERI 3 KEBUMEN

 

      Siapa yang tidak mengenal kata Kaling. Warga  MTs Negeri 3 Kebumen semua mengenal kata Kaling. Kaling kepanjangan dari Kader Lingkungan. Di mana Kader Lingkungan  merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh MTs Negeri 3 Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu dan diikuti oleh perwakilan setiap kelas 7 dan kelas 8. Kegiatan Kaling juga dibimbing oleh guru pembina.
     Ekstrakurikuler Kaling merupakan komitmen Kepala Madrasah beserta Dewan Guru untuk mewujudkan Madrasah yang hijau, sehat, bersih, dan nyaman. Walaupun masih banyak kekurangan di beberapa aspek, tetapi dengan komitmen Madrasah yang hijau, sehat, bersih, dan nyaman insya Allah  akan terwujud. Hal itu, juga untuk mendukung adanya Madrasah menuju Adiwiyata. Selain itu, Hj. Siti Romlah Khomsiyah, S.Pd., selaku Koordinator Pembina Kaling mengatakan Ekstrakurikuler Kaling ini bertujuan untuk menciptakan siswa yang unggul dalam berprestasi dan mempunyai kebiasaan ramah lingkungan.
     Awal kegiatan Ekstrakurikuler Kaling dengan berdoa dan menyanyikan lagu Mars Adiwiyata. Setelah itu pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan agenda/program kegiatan Ekstrakurikuler Kaling yang direncanakan sebelumnya. Salah satu agenda kegiatan Ekstrakurikuler Kaling adalah pemanfaatan sampah. Pemanfaatan sampah salah satunya untuk dijadikan pupuk/kompos. Materi pembelajaran  ini sesuai dengan materi Komposer.
    Salah satu materi pembelajaran kegiatan Ekstrakurikuler Kaling yaitu Komposer. Kegiatan Ekstrakurikuler Kaling yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Januari mendapat bimbingan materi Komposer dari KLH Kabupaten Kebumen. Beliau adalah Wisnadi, Handoko, dan Sodik. Wisnadi,  salah satu pembimbing dari KLH mengatakan “Sesuai dengan lagu Mars Adiwiyata kita tahu bahwa sampah perlu dipilah-pilah dan kemudian kita manfaatkan sebagai pupuk/kompos.” Dari pihak KLH Kabupaten Kebumen pembimbingan/pengisian memberikan teori sekaligus praktik Komposer. Peserta Kaling sangat antusias dalam mengikuti pembimbingan ini. Pembimbingan materi Komposer ini sangat bermanfaat. Semoga Madrasah kita tercipta madrasah yang hijau dengan diterapkannya materi komposer yaitu pembuatan pupuk sendiri. 
Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN Triwarno Kutowinangun | Powered by Website Sekolah