Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Senin, 12 Juni 2017

Kegiatan Amaliah Romadhon

Share & Comment

Romadhon Membentuk Karakter Siswa Berakhlaqul Kharimah di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun



Bulan Romadhon adalah bulan yang penuh berkah. Bulan di mana semua kegiatan mendapatkan berkah dari Alloh SWT. Kegiatan itu tentunya yang berhubungan dengan amalan-amalan di bulan Romadhon.

Menindaklanjuti Surat Edaran dari Kemenag Kabupaten Kebumen bahwa setiap Satker harus melaksanakan kegiatan Amaliah Romadhon. Begitu juga MTs Negeri Triwarno Kutowinangun tidak ketinggalan melaksanakan kegiatan Amaliah Romadhon selama lebih kurang dua minggu sesuai dengan Surat Edaran tersebut . Kegiatan itu dimulai dari Senin, 5 Juni 2017 s.d. Kamis, 15 Juni 2017.

Tema yang diambil dalam kegiatan tersebut adalah “Romadhon Membentuk Karakter siswa yang berakhlaqul Kharimah”. Kegiatan dimulai pukul 07.00. s.d. 12.00 WIB. Adapun kegiatannya adalah sebagai berikut, dimulai pukul 07.00 – 08.00 sholat Dhuha berjama’ah  diikuti semua guru, pegawai, dan siswa yang dilaksanakan di Masjid Al Ghufron sebelah utara MTs Negeri Triwarno Kutowinangun. Kegiatan dilanjutkan khultum diisi oleh imam sholat dhuha sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kegiatan dilanjutkan dengan tadarus siswa di kelas masing-masing dan tadarus guru di aula MTs Negeri Triwarno Kutowinangun. Dalam kegiatan tadarus diharapkan setiap hari khatam 30 juz dan ditutup dengan doa khataman dari sentral oleh guru dengan diamini semua siswa di kelas. Kegiatan berikutnya adalah penyampaian materi keagamaan meliputi Cara Bersalaman yang Benar, Birrul Walidain, Zakat Fitrah, Doa Bacaan Niat Sholat trawih dan Sholat Witir, Syarat-Syarat Menuntut Ilmu, dan Empat Orang yang Dirindukan oleh Syurga.

Setelah penyampaian materi keagamaan selesai, kegiatan dilanjutkan kajian Islam untuk guru dan karyawan MTs Negeri Triwarno Kutowinangun dengan mubaligh Bapak Kyai Ali Mukmim dari Kebumen. Kegiatan kajian berakhir pukul 12.00 dilanjutkan sholat dhuhur berjamaah yang diimami oleh Bapak Barkah, S.Pd.I. yang merupakan Wakhum MTs Negeri Triwarno Kutowinangun.  Kedua kegiatan itu dilaksanakan di aula.

Kegiatan untuk siswa tidak hanya beribadah saja tetapi diisi dengan lomba-lomba antarkelas. Diantaranya lomba adzan, kaligrafi. qiro’ah, dai/daiyah, CCQ, tahfid, dan kebersihan kelas. Setiap lomba diambil juara 1 sampai juara 3. Lomba bertujuan untuk memunculkan calon siswa berprestasi di bidangnya masing-masing yang nantinya akan mewakili madrasah dalam lomba-lomba di tingkat yang lebih tinggi sesuai penjelasan dari Edy Warsono selaku Wakasis di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun.

Pendapat tersebut ditegaskan oleh  Pak Sugeng  selaku Kepala MTs Negeri Triwarno Kutowinangun bahwasanya kegiatan Amaliah Romadhon tahun ini diharapkan bisa menjadikan siswa lebih tawaddu’ kepada guru dan orang tua dan berahklaqul karimah. Di samping itu, siswa lebih menjadi percaya diri ketika mengikuti lomba di ajang yang lebih tinggi karena sudah ada persiapan.

Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google