Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Rabu, 30 Mei 2018

Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik

Share & Comment


Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2017/2018



Senin, 28 Mei 2018, MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan acara  Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2017/2018. Acara tersebut dilaksanakan di halaman depan dengan diikuti oleh peserta didik kelas IX yang berjumlah 281 beserta walinya, komite, jajaran Muspika, pengawas madrasah, dan tamu undangan lainnya serta Kepala Kemenag Kabupaten Kebumen yang didampingi Penma.

Praacara diawali dengan prosesi khotmil  Quran Juz ‘Amma bil Hifdzi (juz 30) perwakilan peserta didik kelas IX yang berjumlah 24. Mereka mulai menghafalkan surah  An-Naba sampai An-Nass secara bersama-sama dan diakhiri dengan doa khotmil Quran. Penampilan siswa tersebut merupakan acara rutin di akhir tahun sebagai wujud dari penerapan program unggulan tahfidz 3 juz di MTs Negeri 3 Kebumen yang sudah diterapkan di awal tahun pelajaran 2017/2018. Untuk kelas IX yang lulus tahun ini belum terkena aturan hafal 3 juz baru 1 juz.

Dalam sambutannya Sugeng Warjoko selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyampaikan program unggulan di MTs Negeri 3 Kebumen adalah tahfidzul Quran maksimal 3 juz atau 2 juz ditambah surat pilihan. Akan tetapi itu semua dikembalikan kepada kemampuan siswa masing-masing. 

Selain menyampaikan program unggulan juga disampaikan hasil capaian UN dan UAMBN yang mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil tahun yang lalu. Secara umum sekolah-sekolah yang lain mengalami penurunan dalam nilai UN akan tetapi MTs Negeri 3 Kebumen mengalami peningkatan. Ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang menperoleh nilai seratus ada 18 siswa. Sedangkan tahun sebelumnya hanya ada 11 siswa.

Dalam kesempatan yang sama, Imam Tobroni selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menyampaikan bahwa sebagai siswa atau anak harus berbakti kepada orang tua, guru, dan mertua. Selain itu, anak diharapkan untuk disekolahkan di madrasah dari jenjang MI, MTs, MA. Semua rizki yang mengatur adalah Allah swt.  Dan jangan merasa malu untuk menyekolahkan di madrasah.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar siswa yang mendapat nilai UN dan UAMBN oleh Wakakur yaitu Mufid, S.Pd., M.P.Fis. Nilai tertinggi UN atau peringkat pertama  atas nama Nur Mujahadah dengan jumlah 368,50 rata-rata 92.13 dengan uraian Bahasa Indonesia 96.00, Bahasa Inggris 90.00, matematika 100.00, dan IPA 82.50. peringkat kedua atas nama Alifa Az Zahra Madaniyah dengan jumlah 360.50 dengan rata-rata 90.13, dan peringkat ketiga atas nama Banatul Qoni’ah dengan rata-rata 90.00.



Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google