Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Selasa, 25 September 2018

Ekstra Kader Lingkungan

Share & Comment

Pembuatan Kompos
Sampah yang dihasilkan sehari-hari di MTs Negeri 3 Kebumen tanpa disadari suatu ketika akan menjadi permasalahan apabila tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan sampah pada dasarnya membutuhkan peran aktif warga madrasah terutama dalam mengurangi jumlah timbunan sampah, memilah jenis sampah,  hingga berupaya menjadikan sampah menjadi lebih bermanfaat. Pengelolaan sampah melalui kegiatan daur ulang ini mengacu pada konsep 3R yaitu reduce (mengurangi), reuse (memakai kembali), dan recycle (mendaur ulang) serta  dapat menanggulangi permasalahan sampah.
Kegiatan daur ulang sampah bukan saja akan memberikan keuntungan secara ekonomis, tetapi juga memberikan keuntungan secara ekologis. Keuntungan secara ekonomis yaitu menghemat biaya untuk transportasi dan penimbunan limbah, mengurangi ukuran limbah, dan memiliki nilai jual. Sedangkan keuntungan secara ekologis dapat dilihat dari aspek lingkungan dan aspek tanah/tanaman. Keuntungan dari segi lingkungan yaitu mengurangi polusi udara dan mengurangi kebutuhan lahan untuk penimbunan. Keuntungan dari segi tanah/tanaman yaitu meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan kapasitas penyerapan air oleh tanah, meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen), menyediakan hormon dan vitanin bagi tanaman, dan meningkatkan ketersediaan hara dalam tanah.
Berkenaan dengan sampah, maka MTs Negeri 3 Kebumen/Matsaga melalui Ekstrakurikuler Kader Lingkungan  mewujudkan pengelolaan sampah menjadi kompos. Kegiatan ini terlaksana  Rabu, 19 September 2018. Pelaksanaan pembuatan kompos di Rumah Kompos yang telah tersedia dan diikuti dengan antusias oleh para Kader Lingkungan. Kegiatan pembuatan kompos ini juga didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Kab. Kebumen.

Sebagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler Kader Lingkungan telah disiapkan pembuatan kompos yang digunakan untuk mendaur ulang sampah dan juga untuk menempatkan hasil kompos pada komposer. Kompos ini digunakan  untuk pemupukan  tanaman di sekitar madrasah,” ujar Siti Romlah Khomsiyah, S.Pd. selaku Koordinator Kader Lingkungan MTs Negeri 3 Kebumen. Berkaitan dengan apa yang telah disampaikan oleh Koordinator Kader Lingkungan bahwa tanaman yang ada di sekitar madrasah dapat dipupuk dengan kompos yang telah dibuat.
Kegiatan pembuatan kompos dilakukan oleh para Kader Lingkungan MTs Negeri 3 Kebumen bukti keberadaannya melalui kegiatan Ekstrakurikuler Kader Lingkungan. Dalam hal ini, Ekstrakurikuler Kader Lingkungan dapat belajar dari salah satu program MTs Negeri 3 Kebumen yaitu Bersih, Indah, Sehat, Hijau, dan Lestari menuju ADIWIYATA.

    Oleh:
Tim Kader Lingkungan
       MTsN 3 Kebumen

Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google