Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Sabtu, 15 September 2018

Hari kebersihan Dunia

Share & Comment

Hari Kebersihan Dunia


Sabtu, 15 September 2018, MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan kegiatan kebersihan secara serentak. Pelaksanaan kegiatan tersebut oleh seluruh warga madrasah baik guru, pegawai, maupun siswa. Bersih-bersih dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Dunia atau World Clean Up Day (WDC) dengan mengambil tema “Bebaskan Bumi Kita dari Segala bentuk Sampah”. Kegiatan dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat edaran dari Kemenag Kanwil Jawa Tengah.


Sebelum bersih-bersih warga madrasah mengikuti apel di halaman Matsaga. Dalam amanat apel Sugeng Warjoko selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyampaikan bahwa siswa harus melaksanakan kegiatan kebersihan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Apabila tidak sungguh-sungguh harus dibersihkan seperti sampah yaitu sampah masyarakat. Kemudian dilanjutkan pengumuman dan teknis pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan tersebut yang berperan penting dalam hal ini adalah tim kader lingkungan yang dikoordinatori oleh Siti Romlah Khomsiyah. Tim kader lingkungan membagikan tiga jenis plastik yang digunakan sebagai tempat sampah ke semua kelas yang berjumlah 30. Biru untuk sampah daun, kuning untuk sampah kertas, dan merah untuk sampah plastik atau benda-benda yang berbahaya. Dari 3 jenis plastik sampah yang sudah terisi dan penuh harus disetorkan ke tim kaling yang sudah siap untuk mendata kelas yang sudah menyetorkan.

 Bersih-bersih dimulai dari kelas masing-masing yang dipandu oleh wali kelas. Guru lain yang bukan wali kelas membersihkan ruangan guru sedangkan pegawai menyesuaikan dengan membersihkan lokasi sekitar kantor tata usaha. Apabila kelas sudah selesai, bersih-bersih dilanjutkan di lingkungan madrasah termasuk sungai yang membentang dari utara ke selatan sesuai dengan pembagian jadwal yang sudah diumumkan oleh tim kaling.


Kegiatan bersih-bersih berakhir tepat pukul 09.30 WIB. Jadi berlangsung lebih kurang 2 jam. Sampah sudah terkumpul di plastik-plastik besar dan diberi label. Kegiatan berlangsung dengan lancer dan bisa mengurangi sampah yang berserakan di sekitar Matsaga. Kebersihan adalah pangkal kesehatan dan kebersihan sebagian dari iman.


Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google