Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Sabtu, 06 Oktober 2018

Share & Comment

Pelatihan Dasar Jurnalistik Praktis

 

Untuk meningkatkan mutu atau kualitas siswa yang ikut ekstra jurnalistik, MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Pelatihan itu mengambil tema “Pelatihan Dasar Jurnalistik Praktis”. Tema itu dipilih untuk menyesuaikan dan memperkenalkan pada siswa kelas VII dan VIII yang merupakan pemula dalam dunia jurnalistik atau tulis menulis. Pelatihan itu diikuti oleh 38 peserta yang terdiri dari 21 siswa ekstrajurnalistik, tim majalah Gema Matsaga, dan tim mading (majalah dinding) MTs Negeri 3 Kebumen. 

Acara yang dibuka oleh Drs. H. Sugeng Warjoko, M. Ed. selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyampaikan bahwa ada 4 pilar yang menjadikan negara menjadi baik yaitu legeslatif, eksekutif, yudikatif, dan jurnalistik. Di sini yang dimaksud jurnalistik adalah wartawan. Beliau juga menambahkan peran jurnalistik itu penting dan tidak bisa ditinggalkan karena dengan adanya jurnalistik, semua bisa dikuasai. Akan tetapi, jangan membuat berita yang menyesatkan atau hoax karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Jurnalistik atau tulis menulis adalah kemampuan yang bisa dipelajari dan memerlukan latihan. Pelatihan dibuka dengan bacaan Basmallah dan ketukan palu tiga kali.

Pelatihan jurnalistik berlangsung selama 3 hari, mulai Kamis – Sabtu, 4 – 6 Oktober 2018 dengan alokasi waktu pukul 08.00 s.d 15.00. Pelatihan tersebut menghadirkan dua orang narasumber. Kamis, 4 Oktober 2018, narasumber yang pertama adalah Supriyanto yang merupakan wartawan Suara Merdeka dan calon Ketua PWI Kabupaten Kebumen. Supriyanto menyampaikan materi tentang teknik reportase, penulisan berita, wawancara, dan penyusunan feature. 

Jumat, 5 Oktober 2018 jadwal narasumber kedua yaitu Ngadiyo yang merupakan seorang penulis dan dosen UMS yang aslinya berasal dari Petanahan, Kebumen, menyampaikan materi penulisan puisi, cerpen, esai, dan artikel. Dalam penyampaiannya, Ngadiyo membawa serta contoh-contoh puisi, cerpen, esai, dan artikel yang sudah dibukukan sehingga peserta pelatihan tertarik dan semangat untuk mengikuti pelatihan tersebut. Peserta mengaplikasikan teori ke dalam  praktik sesuai waktu yang tersedia. Di akhir pertemuan Ngadiyo memberikan hibah 3 buku ke Habibie Library yang merupakan perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. 

Sabtu, 6 Oktober 2018, peserta secara maksimal melaksanakan praktik berdasarkan teori yang sudah diterima di pertemuan  sebelumnya yang didapat dari kedua narasumber. Mulai dari penulisan berita, wawancara, penulisan puisi dan cerpen sampai penyusunan artikel dan esai. Penerapan teori ke dalam praktik peserta pelatihan didampingi oleh Siti Nurhaida dan Slamet yang merupakan guru ekstrajurnalistik di MTs Negeri 3 Kebumen yang dilaksanakan setiap minggu sekali di hari Kamis.

Dari Pelatihan Dasar Jurnalistik itu diharapkan hasil atau produknya untuk mengisi kolom-kolom majalah Gema Matsaga edisi 3 yang masih dalam proses dan akan terbit di bulan Desember. Majalah akan dibagikan bertepatan dengan pengambilan nilai rapor semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 kepada wali peserta didik.
Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google