Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Sabtu, 10 November 2018

Lomba Adiwiyata

Share & Comment

Lomba Adiwiyata Tingkat Kabupaten


Tim Verifikasi Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten 2018 melakukan visitasi di MTs Negeri 3 Kebumen, Rabu (7/11/2018). MTs Negeri 3 Kebumen adalah satu-satunya madrasah di Kabupaten Kebumen yang ditunjuk mengikuti lomba tersebut. Tim Verikasi Lomba Adiwiyata yang melaksanakan visitasi di MTs Negeri 3 Kebumen terdiri dari M.Sodik dan Suyadi,  (Disperkim LH. Kabupaten Kebumen), Drs. H. Fauzi Ma’sum, M.Pd.I. (Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen), dan Sunaryo (UPT Disdik Kecamatan Buluspesantren). Tepat pukul 08.15 WIB, Tim Verifikasi Lomba Sekolah Adiwiyata datang dan disambut oleh Tim Adiwiyata termasuk Drs. H. Sugeng Warjoko, M.Ed. selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen.


Dengan guyuran air hujan, Tim Verifikasi berkeliling dan mengitari gedung MTs Negeri 3 Kebumen dengan didampingi oleh Tim Adiwiyata MTs Negeri 3 Kebumen. Dalam visitasi itu, Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, Drs. H. Sugeng Warjoko, M.Ed. memaparkan, “Selama ini kami telah berupaya untuk melakukan kerja sama dengan warga madrasah dalam hal pemahaman pola hidup sehat di lingkungan MTs Negeri 3 Kebumen.. Harapan kami agar semua warga MTs Negeri 3 Kebumen memiliki budaya hidup bersih, sehat, dan berwawasan lingkungan.”

Beliau menambahkan bahwa setiap mata pelajaran terutama dalam RPP, diharapkan  memasukkan materi edukasi lingkungan. Peserta didik diajarkan membuang sampah sesuai tempatnya yang telah diberi warna. Warna merah untuk plastik, kuning untuk kertas, dan warna hijau untuk daun-daunan. Setelah itu, sampah dikumpulkan di bank sampah. Sampah tersebut diolah menjadi kompos. Pengolahan sampah menjadi kompos ini dilakukan langsung oleh siswa yang tergabung dalam kelompok “Kaling” di bawah bimbingan Hj. Siti Romlah Khomsiyah, S.Pd. dan Tim Adiwiyata lainnya.

Dalam kesempatan itu Pak Sugeng juga menyampaikan, “Semua berbasis lingkungan, sejak awal program ini diterapkan agar kesadaran peserta didik terbangun sejak dini. Untuk pembelajaran juga diimplementasikan dengan media yang ada di lingkungan,” Rabu (7/11/2018) saat penilaian dari Tim Verifikasi Lomba Sekolah Adiwiyata Kabupaten. “Selain itu kantin madrasah juga ramah lingkungan. Di kantin tidak menjual makanan yang mengandung perasa, pewarna, dan pengawet, serta tidak menggunakan plastik atau seterofoam untuk membungkus makanan, tetapi menggunakan daun, bahkan anak diwajibkan membawa alat makan dan minum sendiri,” tambahnya.

Di MTs Negeri 3 Kebumen, Tim Verifikasi Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten 2018 melakukan verifikasi langsung terhadap pengelolaan sisi lingkungan yang dilaksanakan pihak madrasah. Item penilaian Adiwiyata meliputi peninjauan terhadap kebersihan lingkungan, kebersihan WC, hingga kantin. Dalam lomba ini tim  telah melihat hasil yang maksimal, lebih-lebih upaya yang telah dilakukan MTs Negeri 3 Kebumen terkait dengan lingkungan.

“Verifikasi yang dilihat di lapangan, bukan pada hasil penilaian, tapi penekanan pada upaya madrasah dalam mewujudkan Madrasah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dilakukan mulai dari awal hingga berhasil,” jelasnya.

Lebih lanjut Tim Verifikasi menuturkan, ada empat kriteria penilaian lomba sekolah Adiwiyata, yakni kebijakan berwawasan liungkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, pelaksanaan berbasis partisipasi, dan pengeloaan sarana pendukung ramah lingkungan. “Tim verifikasi sekolah Adiwiyata menerima dokumen dari berbagai sekolah, salah satunya MTs Negeri 3 Kebumen.
Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google